Mudik Dengan Kendaraan Roda Dua

Jreng-jreng, tidak terasa sudah melalui hari ke13 bulan ramadhan 1436H, dan biasanya pada hari ke 25 sebagian besar penduduk Jakarta dan sekitarnya akan melakukan ritual tahunan yaitu mudik. Tipsmudik kali ini adalah untuk kendaraan roda dua yaitu motor yang sudah mendominasi jalanan Jakarta ini.

Sebelumnya saya ingatkan dulu 

  1. Motor adalah hanya untuk 2 orang, 1 sopir dan 1 penumpangnya, Kenapa? karena faktor keamanan berkendara diutamakan ketika naik motor. Tapi kan bisa bawa sampai 5 orang? Dengan penumpang yang lebih banyak konsentrasi mengendarai motor akan sangat berkurang karena harus mengimbangi motor tersebut
  2. Ada maksimum beban untuk tiap motor. Jika lebih dari beban maksimum maka motor akan terbebani, sama jika anda membawa beban berat pada pundak anda, anda akan cepat lelah dan hilang konsentrasinya.
Cukup yah 2 peringatan itu, jika masih tanya tentang motor yang bisa membawa lebih, sebaiknya anda membuat motor sendiri saja.


Nah selanjutnya adalah tips mudik dengan kendaraan roda dua alias motor ini.
  1. Penumpang hanya 1 saja, jangan lebih. Jika anda mempunyai keluarga yang lebih dari 2 sebaiknya pikirikan alternatif transportasi lain. Atau bisa juga mengirim motor anda mudik duluan lalu anda dan keluarga mudik dengan menggunakan moda transportasi lain seperti bisa dan kereta.
  2. Jangan banyak beban yang dibawa, Oleh2 merupakan hal yang penting untuk keluarga di kampung, jika pulang tidak membawa oleh-oleh atau hadiah maka rasanya tidak lengkap. Pikirkan alternatif dengan mengirim duluan oleh-oleh ke kampung sehingga beban barang yang anda bawa selama mudik tidak banyak
  3. Barang-barang yang dibawa selamu mudik diseleksi dulu, sebaiknya barang yang dibawa selama berkendara adalah barang2 yang akan digunakan selama berkendara mudik, seperti baju ganti, makanan kecil dan alat perbaikan ringkas untuk motor. Barang-barang lainnya bisa dikirim sebelum lebaran dan dikirim balik lagi setelah lebaran.
  4. Siapkan uang cash secukupnya untuk mudik, uang ini adalah untuk berbelanja selama melakukan mudik untuk keperluan beli bensin dan makan minum. Selebihnya simpan di atm.
  5. Ikuti aturan,Karena pemudik dengan motor akan sangat banyak, sejak 3 tahun terakhir pihak kepolisian seperti memberikan prioritas untuk para pemudik dengan motor, jadi ikuti aturan dari pihak kepolisian, jalur mudik tidak hanya untuk motor saja, tapi juga mobil dan bis antar kota.
Itulah tipsmudik dengan motor, ingat Keluarga anda lebih penting selama mudik, prioritaskan keamanan anggota keluarga anda.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mudik Dengan Kendaraan Roda Dua"

Post a Comment

Terima Kasih atas komentar anda